Kantong Hemat Lewat Kulkas


Hampir semua rumah mempunyai lemari es (kulkas). Bagaimana memilih kulkas yang hemat energi? Banyak produk bertebaran di pasara. >Erika Putri

Selama bertahun-tahun sudah  jadi kebiasaan seseorang membeli barang elektronik dengan pertimbangan harga yang murah dan desain yang berkualitas. Diskon besar-besaran yang biasa ditawarkan berbagai brand elektronik membuat para konsumen tergoda. 

Padahal, sudah menjadi rahasia umum,  barang elektronik dengan harga murah berpotensi pada rendahnya kualitas dan jaminan keawetan. Kalaupun awet, biasanya barang elektronik tersebut boros listrik sehingga pengeluaran listrik tiap bulan justru lebih besar.

Namun beberapa tahun terkahir tuntutan hemat energi dalam produk elektronik semakin ditunggu konsumen. Konsumen sudah semakin cerdas saja. Bagi sebagian orang mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk pembelian alat elektronik tidak masalah. Apalagi ini merupakan bentuk investasi jangka panjang untuk mengurangi pengeluaran tagihan listrik bulanan ke depannya. 

Sebut saja pendapat Listi (29). Sebagai seorang ibu rumah tangga, Listi ingin produk elektronik yang hemat energi untuk menghemat pengeluaran biaya listrik setiap bulannya agar tidak membengkak. Memang idealnya produk elektronik harus hemat energy.
Tetapi tentu tidak semua demikian. Sebagai konsumen cerdas, jika merasakan frustasi menghadapi tagihan listrik yang cukup membengkak, memilih produk elektronik hemat energi adalah salah satu solusi baru bergaya hidup hemat. 

Salah satu hal yang banyak berguna untuk penghematan energi adalah mematikan alat elektronik waktu tidak digunakan. Cara ini bisa mengurangi pengeluaran CO2 dan menghemat tagihan listrik bulanan. Cara lain yang lebih praktis adalah membeli peralatan elektronik yang memang hemat energi.

Tuntutan akan produk yang hemat energi membuat hampir semua produsen elektronik sudah mengembangkan teknologi baru untuk menghemat energi di berbagai perangkat elektronik yang mereka buat. Selain memang tuntutan konsumen, anjuran pemerintah kepada produsen elektronik untuk memproduksi produk hemat energy membuat mereka menciptakan inovasi produk baru. Khususnya yang hemat energi. 
Salah satunya adalah kulkas atau refrigerator. Mengapa kulkas yang dituntut harus hemat energi? Salah satunya karena produk ini  bisa dibilang paling boros energi karena harus digunakan tanpa henti selama 24 jam dan terus-menerus.

Beberapa produsen sudah memperkenalkan produk kulkas hemat energinya. Salah satu teknologi yang diperkenalkan untuk menghemat energi di kulkas, antara lain, Linear Compressor Refrigerator. 
Teknologi yang telah diterapkan perusahaan LG di produknya. Dengan penggunaan teknologi ini, kulkas yang menggunakannya bisa menghemat listrik hingga 41 persen dibanding kulkas buatan generasi sebelumnya.
Selain LG, baru-baru ini Toshiba juga meluncurkan berbagai lemari es model baru yang lebih hemat energi. Lemari es Toshiba selama ini terkenal awet dan terpercaya. Hal itu bisa dilihat dari model satu pintu sampai model jumbo. Warnanya pun dapat disesuaikan dengan dekorasi warna dapur. Diantaranya kulkas hemat energy yang mereka tawarkan adalah kulkas satu pintu 22 watt.

Sedangkan Panasonic mengha­dirkan kulkas hemat energi dengan menggunakan tenaga sesuai kebutuhan dan inverter untuk mengurangi konsumsi energi hingga 40%. Selain itu kulkas Pansonis diklaim sebagai  produk bebas freon yang ramah lingkungan.

Linear Compressor Refrigerator adalah teknologi kompresor linear. Kompresor tersebut bekerja dengan gerakan searah, berbeda dengan kompresor di kulkas pada umumnya yang bekerja dengan gerakan dua arah. Sehingga yang dihasilkan dengan teknologi ini adalah kulkas yang  berhasil menghemat energi lebih besar.
Baru-baru ini juga dikembangkan kompresor yang bisa menghemat energi lebih banyak. Pengembangan dilakukan dengan mengurangi gesekan, mengoptimalisasi kompresi, dan meningkatkan efisiensi. 
Beberapa produsen juga mencoba cara lain. Misalnya dengan melakukan inovasi  sistem buka tutup pintu untuk memastikan tak terjadi pemborosan energi untuk mendinginkan.■

DELAPAN CARA 
HEMAT LISTRIK KULKAS

Meskipun merupakan peralatan yang dipakai tiap hari, bukan berarti kita tidak bisa menghemat penggunaan listrik di kulkas. Penghematan listrik kulkas, meskipun mungkin kecil tetap berkontribusi terhadap penghematan listrik secara keseluruhan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik untuk kulkas di rumah Anda. 
Satu, jangan terlalu sering membuka pintu kulkas akan menyebabkan kinerja kompresor meningkat sehingga konsumsi listrik akan meningkat pula. Untuk setiap menit anda membuka pintu lemari  es, di perlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.

Dua, pintu kulkas harus ditutup rapat, buka hanya jika diperlukan. Kalau pintu kulkas Anda kurang rapat bisa dikunci. Beberapa kulkas sudah menggunakan sistem kunci. 
Tiga, atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. 
Empat, jangan memasukkan makanan dan minuman yang masih panas. Selain itu, tempatkan kulkas jauh dari sumber panas seperti kompor atau oven. Beri jarak sedikitnya 5 hingga 7 cm dari dinding, sehingga udara dapat beredar di sekitarnya

Lima, potong atau bahan makanan dalam porsi yang lebih kecil. Ukuran yang lebih kecil memerlukan energi yang lebih sedikit untuk memasaknya.
Enam, susun isi kulkas dengan rapi agar udara dingin bisa mengalir ke sela-sela kulkas sehingga menghemat energi.

Tujuh, Isi kulkas tidak melewati pintu dan rak nya, karena pemakaian energi akan menjadi kurang efisien. Delapan, pastikan karet penutup disekitar pintu bersih dan rapat. Karet penutup yang masih baik harus bisa menjepit selembar kertas. Apabila kertas dapat dengan mudah di tarik, berarti sudah waktunya mengganti karet penutup. Jangan segan membeli yang baru.

KULKAS
SUDAH 10 TAHUN

Ingin peralatan rumah tangga yang hijau dan kebingungan harus memilih yang mana? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Satu, perhatikan Logo. Cara termudah untuk menemukan peralatan rumah tangga hemat energi adalah dengan mencari logo Energy Star. Logo ini menunjukkan bahwa model tersebut jauh melebihi persyaratan minimun untuk efisiensi energi.
    
Dua, perhatikan panduan energi. Beberapa produk punya tanda tersendiri. Misalnya mesin cuci dengan pintu di bagian depan (front-loading) biasanya lebih efisien dibandingkan mesin cuci dengan pintu di atas (top-loading).
Untuk kulkas atau  lemari es juga bisa ditandakan dengan bebrapa hal. Misalnya freezer di samping (side-by-side) lebih baik daripada lemari es dengan freezer di atas (freezer-on-top), dan freezer dengan manual-defrost hanya memakan energi separuh dari self-defosters.

Satu lagi yang banyak dilupakan orang adalah perihal usia barang elektronik. Jika lemari es telah berusia lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk membeli lemari es baru. Sebab, lemari es modern biasanya dua kali lebih hemat energi dibandingkan model lama. Jangan terkecoh dengan teknologi energy-draining water  dan  ice dispensers. Bukankah Anda butuh yang lebih hemat listrik dan ringan tagihan? Ayo, cari kulkas hemat energi. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Engineering House - All Rights Reserved